Wednesday, December 15, 2010

I wrote this notes more than one year ago, and still it keeps lingering on my mind..... Hope it can be useful for those who read it.


Hhhh.. akhirnya gw nulis juga note di fesbuk ini.... secara sebenernya gw biasa nulis blog itu di blog pribadi gw yang cuma sedikit orang yang tau... tp peristiwa beberapa hari lalu yang gw alamin bikin gw ngerasa bahwa ini terlalu berharga buwat simpan sendiri.

Sebelumnya gw cerita dulu kali yah, minggu lalu adalah salah satu minggu dalam hidup gw yang menurut gw berat banget. Dengan alasan: 1. Gak tau ujung pangkalnya, tau-tau gw dipanggil polisi buat ngasih kesaksian perkara yang gw juga gak jelas ujung pangkalnya, rasanya tuh yah, kayak gak ada ujan, gak ada angin tau2 kesamber petir... kaget bettt ... 2. Kerjaan di kantor menggila sekali, amat sangat menggila... bikin gw gak bisa mikir yg lain2, padahal ada masalah kepolisian ituh.... 3. Gw harus ngambil keputusan sulit untuk segera cut off semua hal yang berhubungan sama orang yang selama ini deket banget ama gw karena suatu alasan yang menurut gw amat sangat fatal. Jujur minggu kemarin gw ngerasa break down. Dan ada sedikit mengeluh sama Allah. Kenapa semua harus terjadi di saat bersamaan.

Tapi entah kenapa Allah mempertemukan gue sama seorang wanita yang luar biasa. Hari itu gw pulang malem, kira2 jam setengah 11 gitu deh. Gw ke tempat taksi biasa mangkal di belakang gedung kantor. Gak taunya taksi yang paling depan antriannya itu sopirnya cewek. Gak anehlah yaw, udah banyak bukan sopir taksi cewek. Tapi krn ini pertama kali buwat guwe, pas masuk ke dalam taksi gw cuma bilang, "waaah pertama kali nih bu, saya disopirin sama sopir cewek. Tolong dianter ke cibubur ya Bu, lewat tol langsung" Si Ibu cuma bilang "iya Mbak" Udah gw duduk dengan manis abis itu sambil dengerin MP3. Biasa deh kalu udah gitu biasanya gw udah dalam dunia sendiri, udah gak perduli sama dunia lain.... :D

Nah selanjutnya, pas saat masuk tol, gw baru keinget, gw lepas earphone gw n bilang ke si Ibu "Ibu maaf, krn saya pakai voucher tolong dibayarin dulu yah tolnya" Si Ibu itu bilang lagi "Iya Mbak" Abis itu gw menguap... mungkin krn gw lagi batuk, n abis nyemprot seretide (sejenis obat asma), nafas gw terdenger bunyi. Tau-tau si Ibu itu bilang "Mbak ada asma juga yah" Gw yang belon masang earphone lagi ngejawab, "Iya Bu, kow tau" kata si Ibu lagi, "Iya soalnya saya juga asma"

Dan Astaghfirullah al azhim, gw baru nyadar, kalu ternyata si Ibu lagi kena serangan asma, dia terbatuk-batuk, nafasnya terdengar nyaring banget bunyinya, terengah-engah. Ya Allah, kenapa dari tadi gw gak denger yah... duuuh Unul-Unul... gw jadi kesel sendiri. Gw tanya ama si Ibu itu, "Ibu gak papa, Ibu lagi kena serangan yah?" Kata si Ibu, "Iya Mbak, tapi gak papa, ntar juga ilang" Duuuh.... secara yah gw tau rasanya kayak apa, gw yakin ini bukannya "gak apa-apa" Gw tanya lagi "Ibu udah minum obat?" Si Ibu bilang, "Obatnya lagi abis Mbak, belum sempat beli, tapi nanti abis nganter mbak saya langsung beli" Damn.. itu masih di daerah MT Haryono... waduuuh still long way to go sampai cibubur. Gw tanya lagi "Ibu biasa minum obat apa?" (udah mulai sok nge dokter guwe). Si Ibu bilang, "Saya biasanya siy pake asmasoho. Tapi dulu waktu suami saya masih ada, biasanya saya pakai ventolin, kalau sekarang mah udah gak kebeli lagi mbak, terlalu mahal buat saya" Duuuh, Subhanallah, gimana nih. Mana waktu itu yang gw bawa cuma seretide sama obat pil bronsolvan yang biasa buat asma serangan ringan gituh. Akhirnya gw ngomong, "Ibu mau coba obat saya?" Si Ibu langsung bilang, "Boleh, tapi gak papa mbak? gak bikin deg2an sama ngantuk?" Gw bilang, " Insya Allah enggak Bu, ini obat ringan koq. Tapi Ibu harus makan dulu, Ibu sudah makan?" Si Ibu bilang,"Udah mbak." Ya udah langsung deh gw sibuk ngubek-ngubek tas, gw keluarin semua isi tas, secara gw denger napasnya si Ibu udah mulai tambah terengah-engah mungkin krn gw ajak ngomong kali yah. Begitu ketemu, gw kasih obatnya ke si Ibu. Terus dipegang sama dia gak diminum. Gw tanya lagi, "Ibu gak bawa minum?" Kata si Ibu, "Bawa mbak, tapi susah bukanya, udah ntar aja kalu udah nganter mbak." Waah nekad nih si Ibu.... akhirnya gw bilang, "Sini bu, mana botolnya biar saya bukain" Udah akhirnya si Ibu minum juga tu obat. Gw jadi gak beranii lagi dengerin MP3. Gw dengerin aja tuh nafas si Ibu yang berangsur-angsur agak mulai teratur. Waloupun batuk-batuknya masih ada.

Selepas daerah Taman Mini, si Ibu mulai membuka percakapan:
Ibu: Duuh enaknya ya Mbak kalu lagi sesak begini tidur senderan sama bantal tinggi.
Gw: Iya Bu
Ibu: Dulu waktu suami saya masih hidup, biasanya dia yang mijetin punggung saya kalau lagi sesak kayak gini.
Gw: Speechless, gak tau musti ngomong apa
Ibu: Sekarang, kalau lagi kayak gini yang kepikiran cuma, duuh papa, mama lagi sesak nih, engak ada lagi yang mijitin.
Gw: Tambah speechless
Ibu: Terima kasih ya Mbak, sekarang udah legaan banget. Obatnya apa ya Mbak, ntar saya mau langsung beli, koq kayaknya langsung enakan gini.
Gw: Nanti saya tulisin Bu. Emang Bapak kapan gak adanya Bu (OK .... stupid question Unul... plis deeh)
Ibu: Udah 3 tahun mbak
Gw: Anak Ibu berapa?
Ibu: 3 orang Mbak, yang paling gede baru lulus sma, masih nganggur. Yang paling kecil baru 6 tahun
Gw: (dalam hati, Subhanallah) Terus, Ibu sejak kapan jadi sopir?
Ibu: Udah 2,5 tahun mbak....
Terus si IBu batuk2, bikin gw gak berani tanya2.

Ibu: Saya termasuk angkatan sopir wanita pertama Mbak. Dulu tuh udah kayak selebriti, di wawancara terus sama majalan dan koran. Hehehe, saya mah gak ambil pusing, wong saya cuma mau cari duit buat anak-anak.
Gw: (Dalam hati, Ya Allah)
Ibu: Padahal ya Mbak, saya gak pernah loh kepikiran jadi sopir kayak gini. Dulu waktu masih ada suami saya, saya paling benci sama macet. Tapi sekarang tiap hari harus ketemu sama macet. Ya udahlah di bawa seneng aja.
Gw: Iya Bu, sabar aja ya Bu.
Ibu: Iya Mbak, cuma bisa sabar. Apalagi kalau setoran belum nutup kayak sekarang. Sedih rasanya, capek-capek tapi gak bisa bawa pulang uang yang lumayan
Gw: Nah, Ibu stress gara2 itu kali yah makanya jadi kumat asmanya (Oooops, soktau.com... Duuh ni mulut gak ada remnya.... Unul Unul)
Ibu: Hehehe... mungkin juga kali ya Mbak
Gw: Emang setorannya harus berapa Bu?
Ibu: 435 ribu mbak. tapi sekarang baru 270 ribu
Gw: Waduh, masih jauh ya Bu... Ibu harus masuk pool jam berapa?
Ibu (sambil batuk-batuk): Jam setengah satu siy Mbak
Gw: Hmmm sekarang masih jam 11 lewat. Mudah2an habis saya ibu dapet tumpangan lagi yah. Terus, rumah Ibu dimana?
Ibu: Rumah saya di Bojong Mbak
Gw: (Dalam hati, WHAT???)
Ibu: Kalau ke pool di Halim, biasanya saya naik kereta, turun di Kalibata, abis itu naek ojeg.
Gw: Masya Allah. Tiap hari Bu?
Ibu: Iya
Gw: Ibu berangkat jam berapa?
Ibu: Abis subuh.
Gw: Lah kalu pulangnya naik apa Bu, jam satu dari Halim?
Ibu: Nah pulangnya Mbak yang agak ribet. Naek mikrolet ke pasar minggu, abis itu ke depok, baru ke bojong
Gw: (pusing mendadak, gak tau harus ngomong apa lagi)
Ibu: Yah resiko Mbak, namanya juga mau ngelanjutin hidup kan yah. Kalau gak begini mau gimana lagi, ya udahlah kita jalanin aja.
Gw: (Diem aja, bener2 mau nangis rasanya)

Ya Allah, Ya Tuhanku.... Sungguh Allah, Kau telah membuka mata hamba. Sungguh tidak pada tempatnya hamba berkeluh kesah. Masih ada orang yang jauuuh lebih menderita dibanding hamba. Tapi walau begitu dia tetap bersemangat untuk mencari rizki di jalan Mu. Ampuni hamba Ya Allah, krn masih saja mengeluh di tengah-tengah segala rahmat yang telah Kau berikan kepada hamba. Alhamdulillahirabbilalamin atas segala rahmat yang tiada putusnya Engkau berikan kepada Hamba.

Terima kasih Ibu Nani, supir baik hati yang telah membuka mata hati ini. 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...